SHARE

3 Strategi Bisnis Kuliner Biar Pelangganmu Makin Banyak

Saat ini bisnis kuliner cukup banyak kita temukan di lingkungan rumah maupun jalanan mengingat potensinya yang tinggi. Tentunya dalam memulai bisnis kuliner atau sebuah bisnis apapun perlu adanya strategi yang tepat dan terencana. Tujuannya agar bisnis dikelola mendapatkan untung yang maksimal dan bisa menjadi mata pencaharian utama di masa depan.

Selain paham target pasar dengan lebih mendetail, kamu juga perlu tahu strategi apa yang paling pas buat pemasaran produkmu. Nah, buat kamu yang baru mulai bisnis kuliner, wajib banget nih ngerti 3 strategi bisnis kuliner terbaik biar cuan maksimal. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Ini 3 Strategi Bisnis Kuliner Biar Makin Cuan

Ini 3 Strategi Bisnis Kuliner Biar Makin Cuan

Sumber: Freepik.com

Mengelola usaha kuliner memang bukan hal yang gampang. Banyak banget aspek yang perlu dipikirin buat bikin usaha jadi sukses, mulai dari kualitas makanan yang top hingga strategi bisnis kuliner yang jitu. Kira-kira apa saja strateginya? Berikut uraiannya

1. Manfaatkan Media Sosial

Peran media sosial sekarang ini penting banget buat strategi bisnis F&B yang oke. Soalnya, banyak orang punya akun di Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, atau TikTok buat eksis dan promosi bisnis mereka. 

Coba deh, rutin unggah konten terkait bisnismu, kayak menu baru, kegiatan seru di bisnismu, atau tips-tips kuliner setiap hari. Tujuannya agar bisnis kulinermu makin menarik buat calon pelanggan. Enggak heran, beberapa tahun terakhir media sosial jadi salah satu strategi bisnis F&B yang efektif banget!

Kamu juga bisa pakai ESB Order buat pesan makan online sampai memudahkan pelanggan agar lebih tahu soal menu dan harga yang dijual restoranmu, lalu tinggal kamu taro deh link ordernya di bio Instagram kamu atau media sosial lainnya.

2. Bekerja Sama dengan Influencer

Sebenarnya poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Jika pada poin pertama kita sendiri yang melakukan promosi, maka pada poin kedua ini kita kerja sama dengan pihak ketiga yang bisa disebut sebagai influencer.

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah influencer ini, khususnya jika kamu aktif di media sosial. Adanya influencer ini turut andil untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu jual, salah satu cara paling mudah setelah kamu membuat kesepakatan dengan influencer ini dengan membagikan link ESB Order restoranmu, jadi calon pelangganmu enggak cuman bisa lihat menu sampai harga terbarunya, tapi juga bisa pesan makan online.

Secara umum, influencer ini memiliki pengikut yang sangat banyak dalam akun media sosialnya dan juga memiliki kesan yang baik terhadap konten buatannya.

Karena itu, menggunakan jasa influencer bisa jadi salah satu strategi bisnis kuliner yang efektif untuk mendapatkan calon pelanggan lebih cepat dan lebih banyak. Jika kamu tertarik dengan jasa ini, pastikan memilih influencer yang berhubungan dengan bisnis kuliner yang kamu kelola ya. Lalu pastikan juga anggaran untuk influencer tersebut sesuai dengan kesepakatan bersama. 

3. Manfaatkan Layanan Pesan Antar

Strategi bisnis kuliner selanjutnya yang terbaik saat ini adalah memanfaatkan layanan pesan antar seperti Ayomakan, Gofood, GrabFood atau Shopee Food. Setelah kondisi pandemi Covid-19 sempat terjadi, layanan pesan antar jadi semakin diminati masyarakat. Pebisnis kuliner juga turut merasakan efisiensi dari layanan pesan antar ini.

Dengan adanya jasa layanan pesan antar, calon konsumen bisa membeli produk makanan kamu di manapun dan kapanpun hanya melalui smartphone saja. Tidak hanya itu saja, di dalam aplikasi layanan pesan antar juga terdapat penilaian dan komentar dari pelanggan yang sudah membeli makanan. Karena itu, potensi meningkatkan penjualan bisnis kuliner kamu jadi lebih besar.

Dari ulasan di atas, kelihatan banget bukan? Kalau strategi bisnis kuliner terbaik di era digital ini adalah memanfaatkan media sosial dan platform lainnya. Dengan melakukan strategi bisnis kuliner di atas, bisnismu bisa berkembang pesat. Selamat mencoba ya!

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya