SHARE

7 Cara Tingkatkan Loyalitas Pelanggan, Biar Bisnis F&Bmu Melesat!

Bisnis kamu sudah aware sama loyalitas pelanggan belum? Kalau belum, wah kamu harus hati-hati nih untuk perkembangan bisnis kedepannya. Karena loyalitas pelanggan sangat penting bagi sebuah perusahaan, tidak terkecuali perusahaan yang bergerak di bidang kuliner atau F&B (food and beverage). 

Dengan menerapkan loyalitas, bisnis jadi mudah dijalani saat menjual berbagai macam produknya. Mengingat loyalitas sangat dibutuhkan oleh perusahaan F&B, tentu para owner harus memiliki strategi dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Karena itu, dalam artikel ini akan dikupas tuntas mengenai cara meningkatkan loyalitas pelanggan untuk bisnis F&B.

Berikut 7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Berikut 7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Sumber: Freepik.com

Ini 7 cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang bisa kamu terapkan untuk bisnis F&B. Diantaranya:

1. Menjaga Kualitas Produk

Para pelangganmu akan kecewa kalau produk milikmu mengalami penurunan. Karena itu, penting sekali untuk menjaga kualitas sebuah produk.

Semakin kualitas produk terjamin dan terjaga dengan benar, pasti pelanggan kamu tidak akan kecewa. Terus, saat pelanggan tidak merasa kecewa, maka mereka akan lebih loyal terhadap perusahaanmu.

2. Tingkatkan Kualitas Produk

Sebenarnya untuk poin ini sama seperti poin pertama, setelah kualitas produk terjaga, kamu juga harus meningkatkan produk tersebut. Bagaimana caranya? untuk meningkatkan kualitas produk bagi perusahaan yang bergerak di sektor F&B bisa melalui beberapa hal, seperti mengganti bahan yang awalnya standar menjadi bahan terbaik dan premium.

3. Berikan Pelayanan Terbaik

Tugas memberikan pelayanan terbaik merupakan tugas semua pegawai yang ada di sebuah perusahaan. Namun pegawai yang sering bertemu para pelanggan merupakan ujung tombaknya.

Dalam bisnis F&B, memberikan pelayanan terbaik bukan terlihat dari penyajian hidangan saja. Ada juga attitude dari para pegawai, seperti menerapkan 3S (Senyum, Salam, dan Sapa), merespons keluhan dari tiap pelanggan dengan cepat. 

4. Buat Promosi

Selanjutnya, biar loyalitas pelanggan semakin meningkat, penting bagi kamu untuk membuat sebuah promosi produk. Contohnya, beli dua gratis satu, diskon spesial, atau potongan harga pada momen tertentu.

Ada banyak momen penting yang bisa kamu pilih, seperti hari raya keagamaan, hari peringatan nasional, maupun hari ulang tahun dari perusahaan.

5. Berikan Program Loyalitas

Selain membuat promosi, ada cara lain untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, yaitu dengan menyiapkan program loyalitas. Terdapat dua cara dalam program loyalitas ini yang bisa kamu terapkan.

Pertama, kamu bisa memberikan kartu keanggotaan kepada para pelanggan. Apa sih tujuan dari kartu keanggotaan ini? jadi para pelanggan bisa dapat beberapa benefit, seperti potongan harga.

Kedua, kamu bisa memberikan poin penghargaan. Poin ini bisa didapatkan dari jumlah pembelian yang dilakukan oleh para pelanggan. Semisal, pelangganmu sering melakukan pembelian, berarti poin yang mereka dapat juga akan semakin banyak. 

Lalu dari poin yang dikumpulkan itu bisa ditukarkan dengan hadiah berupa potongan harga atau menu gratis. Namun kamu harus membuat persyaratan tersendiri untuk peraturan pertukaran poin ini ya.

Untungnya, ESB sebagai penyedia teknologi bisnis F&B yang terintegrasi, paham banget kalau loyalitas pelanggan itu jadi salah kunci suksesnya sebuah bisnis. Makanya, ESB memiliki produk ESB Loop yang bisa kamu gunakan di restoranmu. 

Ada beragam fitur yang ditawarkan dari ESB Loop, seperti Customer Web App yang ngebuat pelangganmu bisa akses akun program loyalitasnya, Tier & Benefit bisa mengajak pelangganmu ngumpulin poin loyalitas buat naik level dan dapat benefit spesial, termasuk juga Program Referral yang akan kasih promo dan hadiah spesial buat pelanggan yang rekomendasiin restoranmu.

Dengan menggunakan ESB Loop di bisnismu, pelanggan bakal lebih happy dengan poin, sistem tier, dan benefit yang bisa mereka nikmati. Selain bikin pelanggan senang, kamu juga bisa jaga omzet tetap stabil.

6. Minta Penilaian Pelanggan

Pelangganmu pasti punya penilaian dan sudut pandang masing-masing terhadap produk atau menu yang restoranmu sajikan. Untuk menampung penilaian tersebut, kamu bisa menyediakan kontak khusus kritik dan saran.

Dari banyaknya penilaian yang masuk, perusahaan bisa mempertimbangan masukan yang diterima untuk diterapkan agar loyalitas para pelanggan bisa semakin meningkat ke depannya.

7. Tetap Jalin Hubungan dengan Pelanggan

Cara terakhir, kamu bisa loh menjalin hubungan dengan para pelanggan melalui beragam platform online, seperti Instagram, TikTok, dan X. Nantinya kamu bisa menugaskan salah satu pegawai sebagai admin media sosial yang bertugas untuk membalas pertanyaan dari para pelanggan.

Itulah 7 cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, dengan memperhatikan dan menerapkan semua cara di atas, kamu jadi bisa mempertahankan dan menciptakan ikatan yang kuat antar pelanggan dengan pemilik usaha.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya