SHARE

Apa Saja Tugas Kasir Restoran? Berikut Penjelasannya!

Ketika berbicara tentang tugas kasir restoran, pasti kamu akan langsung teringat dengan menerima pembayaran. Hal tersebut sebenarnya tidak salah karena salah satu tugas utama seorang kasir memang menerima pembayaran atas transaksi yang dilakukan konsumen. 

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata tugas dan tanggung jawab kasir restoran bisa sangat luas? Bahkan, untuk mendukung tugas dan tanggung jawab tersebut, disarankan seorang kasir memiliki skill atau kemampuan yang mendukung.

Tugas Kasir Restoran dan Tanggung jawabnya

Sumber: Freepik.com

Kasir restoran adalah salah satu bagian yang akan langsung berhadapan dengan konsumen. Itulah mengapa dalam sebuah bisnis restoran, memilih kasir yang memiliki kemampuan sesuai sangatlah penting. Berikut ini adalah berbagai tugas kasir restoran:

1. Menerima Pesanan

Sebenarnya untuk tugas ini tergantung pada sistem di restorannya. Ada beberapa restoran yang masih menerapkan cara lama yaitu menyerahkan tugas pemesanan makanan pada pelayan restoran. Namun, saat ini banyak juga yang menjadikan kasir sebagai bagian yang menerima pesanan, terutama untuk sistem pembayaran di awal.

2. Melayani Transaksi Penjualan

Dari mulai menerima pesanan makanan dari konsumen hingga proses akhir berupa menerima pembayaran, itu sudah menjadi tanggung jawab kasir. Artinya, kasir bertanggung jawab secara penuh melayani transaksi penjualan yang terjadi sejak awal hingga akhir.

3. Memberikan Informasi Pada Konsumen

Kasir wajib memahami semua jenis produk yang dijual oleh sebuah restoran agar dapat memberikan informasi yang akurat kepada konsumen saat proses pemesanan makanan. 

Terutama, berbagai jenis makanan yang mengandung alergen, untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan bagi konsumen. Selain itu, kasir juga harus memahami sistem pembayaran yang berlaku di restoran, baik pembayaran dengan kartu maupun scan barcode QRIS.

4. Menangani Komplain

Tahukah kamu bahwa kasir juga termasuk bagian yang cukup sering menangani komplain dari konsumen? Misalnya ada hal yang membuat konsumen kurang puas, contohnya konsumen yang komplain sambil membayar pesanan ke kasir. Dalam situasi ini, kepuasan konsumen akan tergantung pada kemampuan kasir dalam menangani komplain.

5. Mencatat Data Penjualan

Sebagai pihak yang paling mengetahui transaksi penjualan yang terjadi, maka kasir akan bertanggung jawab membuat data penjualan harian. Data penjualan ini harus dibuat secara detail dan berhati-hati karena akan memengaruhi data keuangan restoran secara keseluruhan.

6. Membuat Laporan Data Penjualan

Data laporan penjualan harian akan menjadi salah satu dasar pembuatan laporan keuangan dalam periode yang lebih panjang, seperti laporan bulanan atau tahunan. 

Berdasarkan data penjualan harian pihak restoran juga bisa menganalisa tren penjualan. Misalnya, restoran lebih ramai saat hari apa, jam berapa, atau saat adanya menu spesial khusus yang diberikan pada periode waktu tertentu. Dengan begitu, restoran bisa membuat strategi bisnis untuk ke depannya.

Kemampuan yang Sebaiknya Dimiliki Kasir Restoran

Sumber: Freepik.com

Setelah mempelajari tugas kasir restoran, diperlukan kemampuan yang mendukung. Apa sajakah kemampuan yang sebaiknya dimiliki seorang kasir? Berikut ini di antaranya:

1. Selalu Bersikap Jujur

Bisa dikatakan kejujuran adalah salah satu kemampuan dan syarat wajib yang harus terpenuhi bagi seorang kasir. Sebab, kejujuran bukan sesuatu yang bisa dipelajari, melainkan sebuah kebiasaan, berbeda dengan kemampuan lain yang akan dibahas selanjutnya. 

Karena tugas kasir restoran akan selalu berhubungan dengan keuangan, jadi diperlukan adanya sifat jujur untuk menghindari adanya kerugian secara finansial akibat risiko penggelapan dana.

2. Kemampuan Komunikasi

Kasir akan sering berkomunikasi langsung dengan konsumen, baik untuk menerima pesanan, melayani pembayaran, memberikan informasi produk, dan yang paling penting adalah menangani komplain. 

Agar konsumen merasa nyaman, seorang kasir harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan informatif.

3. Harus Paham Teknologi

Di zaman teknologi saat ini, hampir semua bidang akan memanfaatkan teknologi untuk membantu memudahkan proses kerjanya, termasuk juga kasir. Aplikasi kasir seperti aplikasi POS kasir online dari ESB yang akan membantu melayani transaksi penjualan hingga mencatat laporan penjualan.

4. Memiliki Ketelitian Tinggi

Meskipun sudah dibantu dengan teknologi, bukan berarti seorang kasir bisa sepenuhnya menyerahkan pada teknologi yang digunakan. Kasir juga tetap harus memiliki ketelitian yang tinggi untuk mengecek bahwa seluruh pencatatan transaksi sudah sesuai dengan transaksi penjualan yang terjadi.

5. Kemampuan Menghitung

Tidak semua konsumen akan memilih pembayaran secara cashless. Masih banyak juga lho konsumen yang merasa lebih percaya diri melakukan pembayaran tunai.

Seorang kasir harus mampu menghitung dengan cepat khususnya dalam kondisi seperti ini. Tidak hanya itu, kemampuan menghitung yang baik juga membantu kasir meminimalisir adanya kesalahan penghitungan akibat suatu hal, meskipun sudah menerapkan teknologi dalam melayani transaksi penjualan.

6. Daya Ingat yang Baik

Kemampuan daya ingat yang baik akan membantu kasir untuk menghafal dan mengingat semua produk serta informasi lain berkaitan dengan restoran, sehingga dapat menyampaikannya kepada konsumen secara tepat. 

Apalagi jika restoran memiliki banyak sekali menu, kemampuan ini akan sangat membantu kasir dalam menjalankan tugasnya sebagai pusat informasi bagi konsumen.

Itulah tugas dan tanggung jawab kasir seorang restoran, serta kemampuan yang sebaiknya dimiliki untuk mendukung tugas tersebut. Meskipun profesi ini terlihat sederhana, tetapi ternyata tugas dan tanggung jawabnya cukup banyak, kan?

Untuk memudahkan kasir dalam menjalankan tugasnya, serta meminimalisir adanya masalah pencatatan transaksi penjualan akibat human error, kamu sebagai pelaku bisnis yang memiliki restoran bisa memanfaatkan aplikasi POS kasir restoran dari ESB loh.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya