Bisa Ditiru! 7 Strategi Promosi Hari Kemerdekaan untuk Bisnis Kuliner
Menjelang perayaan hari penting di Indonesia, pasti kamu sering melihat banyak sekali promo-promo baik dari bisnis kuliner sampai toko perbelanjaan. Tidak hanya promo, banyak dekorasi yang menghiasi dinding-dinding di setiap toko. Itu merupakan salah satu strategi promosi yang umumnya diterapkan saat ada perayaan penting seperti perayaan keagamaan atau hari kemerdekaan yang selalu dirayakan tiap 17 Agustus.
Agustus sendiri sudah menjadi bulan yang sangat sakral dan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sehingga banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan momen ini sebagai perayaan melimpah diskon, salah satunya bisnis kuliner yang ikut meramaikan hari kemerdekaan dengan mengadakan berbagai promo menarik, tujuannya untuk meningkatkan penjualan.
Nah, kalau kamu masih bingung untuk strategi promosi bisnis kuliner yang tepat saat Agustusan. Kamu berada di artikel yang tepat nih, karena berikut ini ada beragam ide promosi yang bisa kamu terapkan.
7 Strategi Promosi Bisnis Kuliner Hari Kemerdekaan
1. Diskon Kemerdekaan
Sumber: Freepik.com
Pertama, kamu bisa menerapkan diskon setiap pembelian menu atau produk. Cara ini umum digunakan baik pada bisnis kuliner dan fashion. Kamu juga bisa menggunakan yang berhubungan dengan angka kemerdekaan, seperti 4 dan 5.
Contoh, ‘Diskon 40% setiap pembelian 5 barang’. Angka tersebut nantinya yang dapat menarik perhatian dari masyarakat atau pelangganmu.
2. Promo Buy 4 Get 5
Strategi promosi ini tidak jauh berbeda dengan poin pertama, hanya saja menggunakan teknik promosi yang berbeda. Yaitu Buy 4 Get 5.
Sebenarnya untuk teknik promosi ini lebih familiar dengan Buy 1 Get 2. Tapi tidak ada salahnya untuk merubah angka yang berkaitan dengan tahun kemerdekaan. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan penjualan dengan cepat, karena secara otomatis pelangganmu akan berbelanja 4 barang agar mendapatkan promo tersebut.
3. Promo Berulang Tahun
Sumber: Freepik.com
Strategi promosi ini bisa kamu terapkan bagi bisnis kuliner, kamu bisa memberikan dessert atau main course bagi pelanggan yang berulang tahun di bulan Agustus. Tapi pastikan kamu membuat syarat dan ketentuan terlebih dahulu ya, seperti membawa KTP atau harus membawa kartu pengenal diri lainnya.
4. Giveaway Khusus Kemerdekaan di Media Sosial
Sumber: Freepik.com
Selanjutnya, giveaway. Siapa di dunia ini yang tidak menyukai hadiah gratis? Hampir semua orang menyukai hadiah gratis, karena itu kamu bisa nih membuat giveaway di media sosial bisnismu. Hadiah yang diberikan tidak harus besar, tapi pastikan menarik pelangganmu seperti uang tunai atau voucher makan.
Kamu juga bisa menambahkan persyaratan dalam giveaway tersebut, seperti harus follow instagram, like, comment, share postingan bisnis milikmu agar banyak orang yang tahu tentang giveaway yang sedang kamu adakan.
5. Produk Bertemakan Kemerdekaan
Sumber: Fimela
Kamu bisa membuat produk yang edisi khusus kemerdekaan, kalau bisnis kulinermu bergerak pada dessert maka kamu bisa membuat cookies, kue, atau ice cream berwarna merah putih. Tapi kalau kamu bergerak pada kuliner khas lokal berarti kamu bisa buat menu-menu yang berhubungan dengan hari merdeka, contohnya tumpeng dengan bendera merah putih di atasnya.
Strategi promosi ini akan membuat pelangganmu merasa fomo sehingga tidak berpikir dua kali untuk membeli daganganmu yang tergolong limited season.
6. Review & Dapat Menu Gratis
Sumber: Dokumentasi ESB
Strategi promosi berikutnya, berikan hadiah menarik bagi pengunjung yang memberikan review baik di google atau platform review Ayomakan.com yang merupakan platform online untuk review makanan, cari info kuliner, pesan makan, sampai booking tempat.
Teknik promosi ini sangat tepat bagi yang baru memulai bisnis kuliner dan ingin masyarakat mengenal bisnismu lebih dalam. Selain itu, pelanggan yang memberikan review akan senang karena mendapatkan sedikit compliment.
7. Lomba Agustusan
Kata siapa lomba Agustusan tidak bisa jadi strategi promosi? Bisa kok! Kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur di media sosial. Contohnya, kamu membuat lomba kontes desain yang berhubungan dengan bisnis kulinermu, nantinya bagi yang menang akan mendapatkan reward berupa uang tunai dan sertifikat.
Strategi promosi ini tidak hanya meningkatkan awareness mengenai brand saja, tapi jadi banyak pelanggan yang ingin mencoba dan mengunjungi restoranmu.
8. Promo Paket Harga
Terakhir, promo paket harga khusus kemerdekaan. Contoh, kamu membuat promo menu makanan berikut minuman seharga Rp 79.000 mengikuti angka kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Promo ini bisa bisa kamu berikan tenggat waktu agar pelanggan semakin fomo untuk membeli makanan yang kamu jual.
Nah, itu dia 7 strategi promosi bisnis kuliner untuk menyambut hari kemerdekaan. Sebenarnya strategi di atas tidak hanya bisa kamu terapkan saat Agustusan saja, ada perayaan lain yang bisa kamu manfaatkan momentumnya. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan perayaan yang memang ingin kamu jadikan promosi.