SHARE

Buat Guideline Kamu Sekarang Biar Proyek Maupun Bisnismu #BeneranCuan

Biasanya agar brand atau usaha kamu bisa dikenal oleh semua orang, diperlukan adanya promosi yang keren nih. Tim Marketing bakal bikin promosi itu lewat sosmed atau cara lainnya dengan strategi yang baik banget.

Tapi, buat ngeluarin promosi yang keren, tentunya kita butuh guideline dulu. Nah, apa sih guideline itu? Ayo, kita bahas bareng di artikel ini! Simak sampai habis ya.

Jadi Guideline itu Apa Sih?

Jadi Guideline itu Apa Sih?

Sumber: Freepik.com

Secara umum guideline adalah panduan atau aturan yang dibuat untuk membantu orang atau kelompok mencapai tujuan tertentu. Nah, guideline ini bisa ditemuin di mana aja, dari dunia pendidikan sampai ke kesehatan atau industri.

Terus, guideline itu juga bisa jadi pedoman khusus buat perusahaan biar brand mereka tetap konsisten di semua tempat promosi. Ini penting banget buat bikin framework yang jelas buat ngomongin brand, mulai dari tampilan visual, cara ngomong, sampe tulisan-tulisannya.

Di dalam brand guideline, ada semua detail penting tentang gimana penampilan visual, nada, dan pesan yang ingin disampaikan sama brand. Biasanya, ini dikemas dalam panduan yang berisi aturan apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan.

Kenapa Guideline itu Penting?

Kenapa Guideline itu Penting?

Sumber: Freepik.com

Guideline itu penting soalnya dengan adanya guideline bikin brand kamu terlihat konsisten, termasuk saat kita nge-post di blog atau media sosial. Plus, dengan guideline bikin brand kamu terasa lebih nyata, dan buat pelanggan, brand kamu jadi kelihatan beneran punya kesan yang kuat banget, unik, atau bahkan memorable.

Nggak cuma itu, guideline juga bisa bikin branding kita jadi makin kuat dalam hal bikin pelanggan jadi loyal. Biasanya, pelanggan bakal betah sama kita kalo mereka punya hubungan emosional, misalnya karena kita punya nilai yang sama. Nah, brand guideline ini tuh bakal memberikan nilai-nilai ini ke audiens dengan cara yang unik dan keren.

Selain itu ada alasan lain, kenapa guideline sangat penting. Diantaranya:

  1. Bikin kualitas makin baik: Dengan adanya guideline, dalam setiap langkah yang kamu lakukan sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Sehingga kualitas bisnis kamu jadi makin baik.
  2. Efisiensi waktu: Guideline akan membantu kamu buat mengurangi resiko kesalahan dan bikin kerjaan jadi lebih lancar dan cepat.
  3. Membantu Koordinasi: Di dalam tim, guideline jadi jaminan kalo tiap anggota tim punya pemahaman yang sama tentang proses dan langkah-langkah yang harus diambil. Kerjasama jadi makin mudah!

Elemen dan Struktur dalam Guideline

Elemen dan Struktur dalam Guideline

Source: freepik

Elemen-elemen penting dalam struktur guideline ini sangatlah penting. Tanpa struktur yang kokoh, kamu mungkin bakal kebingungan dalam menyusun, menerapkan, dan menilai guideline. Struktur yang jelas bakal bantu semua orang paham dan pastiin info-info penting tersampaikan dengan jelas. Nah, di dalam struktur guideline ini, ada beberapa elemen penting yang harus kamu kenal, seperti:

  • Visi dan Misi: Buat menetapkan tujuan dan sasaran dari guideline ini.
  • Kebijakan dan Prosedur: Buat nentuin aturan dan langkah-langkah yang harus diikuti.
  • Tanggung Jawab: Tentuin siapa yang bertanggung jawab dalam menjalankan guideline ini.
  • Sumber Daya: sediakan semua yang dibutuhkan buat mendukung pelaksanaan guideline.

Cara Menyusun Guideline yang Efektif dan Efisien

Cara Menyusun Guideline yang Efektif dan Efisien

Source: freepik

Setelah memahami pengertian dan seberapa pentingnya guideline, kamu juga harus tahu tips atau cara membuat guideline yang keren dan nggak ribet:

1. Pake Template atau Format yang Standar

pake template atau format yang standar bisa bantu kamu bikin guideline dengan konsisten. Dengan pake template yang sama, kamu pastikan setiap bagian guideline punya penampilan dan struktur yang sama.

2. Jangan Pake Bahasa Ribet, Pake yang Gampang Dimengerti Aja

Pastiin deh kamu pake bahasa yang gampang dimengerti buat guideline kamu. Hindari jargon-jargon atau istilah teknis yang bikin bingung. Yang penting, informasinya jelas dan mudah dicerna.

3. Kasih Contoh dan Gambar

Kasih contoh dan gambar bisa bantu buat ngeluarin konsep yang jelas. Contoh atau visual yang nyata bakal ngebantu semua orang buat ngertiin informasi yang kamu sampaikan.

4. Bikin Guideline yang Fleksibel

Meskipun konsistensi penting, tapi penting juga buat bikin guideline yang bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Pastikan guideline kamu bisa di-update atau diubah sesuai keadaan proyek atau usaha.

5. Ajak Semua yang Terlibat Buat Ikutan

Libatkan semua yang terlibat dalam proses bikin guideline. Dengan ngasih masukkan dari berbagai pihak, pastikan guideline yang kamu buat bakal relevan dan bermanfaat banget.

Bagaimana Menerapkan Guideline Agar Berhasil?

Bagaimana Menerapkan Guideline Agar Berhasil?

Source: freepik / benzoix

Setelah mengetahui tips dan cara menyusun guideline yang baik, tentunya kamu ingin menerapkan guideline yang telah kamu buat dengan semestinya bukan? Nah, di bawah ini ada langkah yang dapat kamu gunakan untuk menerapkan guideline yang berhasil.

1. Pahami Dulu Guideline-nya

Sebelum mulai implementasi, pastiin dulu kamu paham banget sama setiap detail guideline-nya. Biar pas dijalankan, bisa lebih gampang dan efektif.

2. Sosialisasikan Guideline-nya

Buat mastiin semua yang terlibat ngerti sama guideline-nya, ajak ngobrol orang yang terlibat dalam pembuatnya. Penyampaiannya juga harus jelas biar mereka bisa ngikutin dengan baik.

3. Tetap Konsisten

Konsistensi tuh udah jadi kunci banget, biar setiap langkah yang diambil sesuai sama tujuan yang sudah ditetapkan. Jadi, pastikan kamu tetap patuhi aturan yang sudah ada.

4. Pantau Terus Perkembangannya

Jangan lupa pantau dan evaluasi terus, supaya guideline dijalankan dengan baik. Jadi kamu bisa tahu kalo ada yang perlu disesuaikan atau diperbaiki.

5. Beri Dukungan dan Bimbingan

Dukungan dan bimbingan dari kamu tuh penting banget buat yang lain, biar mereka bisa jalani guideline dengan baik. Jadi, selalu siap sedia untuk bantu dan dorong mereka.

6. Fleksibel dan Bisa Adaptasi

Kondisi dan situasi bisa berubah-ubah, jadi kamu harus fleksibel dan siap beradaptasi. Kalo perlu, revisi guideline biar tetap relevan dengan keadaan yang ada.

7. Kasih Feedback

Feedback dari yang terlibat itu penting banget buat perbaikan dan penyempurnaan. Jadi, jangan ragu untuk ngasih saran yang membangun dan terima saran dari orang lain ya.

Tips Menghindari Kesalahan Saat Membuat dan Menerapkan Guideline

Tips Menghindari Kesalahan Saat Membuat dan Menerapkan Guideline

Source: freepik / mindandi

Kamu bisa mengikuti beberapa tips menghindari kesalahan saat membuat dan menerapkan guideline dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pastiin Punya Tujuan yang Jelas

Pastikan guideline yang kamu punya memiliki tujuan yang jelas dan spesifik. Kalo nggak, bakal susah banget deh buat ukur keberhasilannya.

2. Jaga Konsistensi

Konsistensi tuh kunci banget buat bikin dan terapkan guideline dengan efektif. Pastikan kamu tetap konsisten dalam struktur, isi, dan format panduannya.

3. Komunikasi yang Jelas

Kalo komunikasinya kurang, bisa bikin kesalahpahaman dan masalah pas bikin dan terapi guideline. Jadi, pastiin kamu komunikasi yang baik sama semua yang terlibat ya.

4. Libatkan Orang yang Tepat

Buat bikin dan terapi guideline yang efektif, pastiin kamu libatkan orang-orang yang punya pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. Jangan ragu buat minta bantuan dari ahli atau orang yang berpengalaman.

Dalam artikel ini, kita udah ngebahas nih betapa pentingnya bikin guideline yang baik, langkah-langkahnya, sampai gimana cara nyiapin dan terapi guideline. Dengan kamu membuat guideline melalui tips-tips di atas tentunya diharapkan kamu bisa membuat panduan yang mantap buat proyek kamu.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya