SHARE

Cerita Sukses Cafe Kata Kita Tumbuh Besar Bersama ESB

Tonton Cerita sukses Cafe Kata Kita di bawah ini

Kata Kita All Day Dining salah satu cafe yang sangat terkenal di wilayah Yogyakarta, kata kita sendiri terdiri dari 2 kata, dimana konsep tersebut digunakan pada segmen anak muda yang berarti ‘kata’ sendiri merupakan ucapan dari orang-orang lingkungan, dimana bisa ikut ber-argumen di mana pun dan bisa menerima masukan (input) positif maupun yang terbaik untuk kita sendiri dan disekitarnya.

Cafe yang berlokasi di Jl. Magelang, Kutu Asem, Kabupaten Sleman ini sukses berkembang dengan produk ESB sebagai solusi penyedia teknologi dalam memajukan cafe yang sudah terintegrasi dengan baik.

cafe kata kita - manager Nana

Sumber: Dokumentasi ESB

Dalam artikel ini, ESB bersama Nana selaku Manajer Operasional outlet kata kita berbagi kisah tentang perjalanan bisnis kulinernya hingga mencapai posisi saat ini dengan produk ESB seperti ESB POSLite, ESB CORE, dan ESB Order. Nana juga menjelaskan langkah-langkah apa saja yang dilakukan cafe kata kita terus berkembang di dunia bisnis F&B.

Melihat Kesuksesan cabang yang sudah dibuka, kira-kira apa aja sih masalah operasional yang pernah dihadapi?

Waktu itu ada kendala operasional itu mulai dari kasir, saat melayani customer kita harus melayani dan input banyak produk, jadi kita sedikit kesulitan saat menerima pesanan. Terus kami juga mengalami kesulitan di bagian kitchen untuk menghitung HPP dan perhitungan cost control maupun yang berhubungan dengan stock opname.

Engga hanya itu, kami pernah kebingungan melayani atau mengontrol konsumen dalam satu waktu yang sama, karena pelayan (waiter) sendiri tidak bisa secara maksimal untuk melayani sehingga terjadi kesalahan order atau pemberian makanan. Dari situlah saya berusaha mencari solusi, agar bagaimana bisa kendala seperti ini bisa diselesaikan?

Ceritakan pengalaman berkenalan dan yakin menggunakan ESB, meskipun sudah banyak POS lain?

indoor cafe kata kita

Sumber: Dokumentasi ESB

Kenapa pakai esb? Karena, awalnya saya tau ESB dari tim sales yang datang ke outlet kami. Disitu dia menjelaskan secara detail dan penyampaiannya dalam memberikan solusi terhadap kendala yang kami harapkan dapat membantu operasional sampai kitchen juga. 

Akhirnya kita mencoba untuk gunakan sistem ESB. Saya juga sempat membandingkan dengan POS lainnya, yang di mana mereka menawarkan produk yang sama dengan ESB, namun keunggulan terpenting dari ESB yang saya suka itu harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Dulu saya juga sempat menggunakan sistem POS lain, namun akhirnya saya berganti menggunakan sistem POS dari ESB. Terus keunggulan ESB dibanding POS sebelumnya, dari ESB sendiri banyak memberikan masukkan baru terutama di bagian keuangan yang selama ini dari POS lain belum sedetail dan sebaik ESB. 

Sejauh ini, apakah sistem ESB memberikan impact positif bagi Kata Kita?

indoor view cafe kata kita

Sumber: Dokumentasi ESB

Ya, untuk ESB memberikan dampak yang sangat positif untuk bisnis kami dalam beberapa bulan ini sebagai solusi kendala operasional. Dengan ESB kita juga terbantu dengan keperluan stock, kitchen, purchasing dan pembelanjaan (Bahan Baku).

Terus sistem yang saling terintegrasi ini (ESB POSLite, ESB CORE, ESB Order) menjadi kesatuan yang sangat mendukung, jadi server kami jadi mudah mengurus dari kitchen sampai bagian purchasing, semuanya sangat terkontrol dengan mudah.

Pertanyaan terakhir, ‘jika’ kamu jadi pebisnis owner, akankah merekomendasikan ESB sebagai solusi bisnis kuliner?

cashier cafe kata kita

Sumber: Dokumentasi ESB

Tentu saya akan merekomendasikan ESB untuk membantu dalam menjalankan bisnis kuliner itu sendiri, karena ESB sudah menawarkan paket lengkap (istilahnya) semua bisa dilakukan dan diberikan solusinya, ESB sendiri mempunyai team support yang sangat responsif, jadi saya akan amat sangat merekomendasikan bagi para pebisnis kuliner untuk menggunakan ESB.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya