Ini Strategi Marketing Restoran yang Efektif dan Perlu Kamu Ketahui!
“Pelanggan adalah raja”, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan slogan ini. Tapi sebenarnya apa sih arti dari slogan ini? Pelanggan adalah raja berarti siapapun pelanggan yang datang ke restoran kita, semuanya sama pentingnya baik itu pelanggan regular ataupun pelanggan yang hanya satu kali datang. Karena kunci sukses bisnis kuliner itu bergantung dengan pelanggan.
Dalam prinsip dasar marketing, pelanggan menjadi salah satu faktor penting selain dari faktor produk yang ditawarkan dari restoran atau jasa kita, karena dengan marketing yang benar, menemukan pelanggan baru jadi lebih mudah dan mampu menjaga loyalitas pelanggan yang ada.
Seiring dengan pertumbuhan bisnis kuliner yang sangat cepat, keinginan pelanggan juga berubah dan kondisi ini membuat kompetisi bisnis kuliner semakin ketat.
Dalam artikel kali ini, akan mengupas tuntas strategi marketing restoran yang baik, tentunya menciptakan pengalaman yang berkesan dan membuat pelanggan repurchase sehingga pelanggan biasa menjadi pelanggan yang loyal dan menciptakan strategi marketing yang efisien selalu bermula dengan pelanggan.
Apa itu Marketing buat Restoran?
Sumber: Freepik.com
Marketing buat restoran adalah sebuah aktivitas untuk menunjukkan konsep restoran dan apa yang ditawarkan oleh restoran tersebut kepada pelanggan, dengan harapan membangun brand restoran tersebut. Singkatnya, marketing adalah sebuah strategi bagaimana restoran berinteraksi dengan pelanggan melalui beberapa channels.
Kenapa Marketing untuk restoran itu penting, Apa Tujuannya?
Sumber: Freepik.com
Karena semakin banyak restoran yang buka setiap harinya, penting untuk sebuah restoran untuk memberikan lebih dari sekedar menjual makanan dan minuman. Marketing untuk restoran merupakan sebuah aktivitas membangun relationship yang kuat dengan pelanggan.
Sedangkan tujuan dari marketing untuk restoran yaitu meningkatkan penjualan baik itu melalui pelanggan yang datang ke restoran maupun pelanggan yang bertransaksi secara online (delivery). Selain meningkatkan penjualan, marketing juga bisa membangun brand awareness, menarik pelanggan baru, membangun loyalitas pelanggan, dan membuka kesempatan berkolaborasi dengan pihak lain.
Bagaimana Strategi Marketing Restoran yang Efektif?
Sumber: Freepik.com
Sebelum membahas bagaimana strategi marketing restoran yang efektif, mungkin sebagian dari kamu bertanya soal berapa budget yang dibutuhkan untuk menjalankan marketing untuk restoran?
Tidak ada jawaban yg fix untuk budget yang dibutuhkan, karena tergantung dari goal yang ingin kamu capai.
Tapi dalam strategi marketing restoran, ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan. Diantaranya:
1. Bangun Awareness Bisnis Restoranmu di Media Sosial
kamu bisa mulai dari channel yang kamu miliki yang bersifat zero cost, seperti social media restoran. Mulailah dengan membangun brand awareness melalui social media restoranmu secara regular seperti membuat konten yang bercerita tentang pengalaman kuliner di restoranmu.
2. Endorse Influencer Sesuai Pasar Bisnis Restoranmu
Kamu juga bisa explore menggunakan iklan digital ataupun influencer dengan budget sederhana. Biasanya kamu bisa mulai dengan sedikit budget sekitar 3-10% dari hasil penjualan restoranmu. Ini akan membantu menyebarkan awareness untuk restoranmu.
Kamu juga bisa posting konten photo, video atau pesan/review yang disampaikan oleh pelanggan. Kamu juga bisa memasukan link order pada profile social media restoran kamu. Apabila restoran kamu menggunakan ESB Order, kamu akan memiliki link digital restoranmu untuk mempermudah pelanggan memesan makanan.
3. Membuat menu, review, dan info lengkap bisnis restoranmu
Setelah kamu memaksimalkan semua channel restoran yang kamu miliki, kamu bisa mengalokasikan sedikit budget untuk boost konten social media restoranmu.
Kamu juga bisa membuat Google Business page untuk restoranmu di mana kamu bisa posting informasi seputar lokasi restoran, jam operasional, menu, foto-foto, reviews dan link ESB Order restoranmu.
Itulah strategi marketing restoran yang bisa kamu coba, dengan menerapkan strategi pemasaran yang telah dibahas di artikel ini, restoranmu tidak hanya mampu menarik perhatian pelanggan potensial, tetapi juga meningkatkan pengaruh konsumen di pasar kuliner. Kamu juga jangan ragu untuk menggabungkan kreativitas dengan analisis pasar yang teliti untuk menciptakan pengalaman unik bagi pelanggan dan memperkuat posisi restoranmu dalam industri kuliner.