SHARE

5 Inovasi Pemasaran Produk yang Bisa Diterapkan Ke Bisnis Kuliner!

Rizki Amelia
5 Inovasi Pemasaran Produk yang Bisa Diterapkan Ke Bisnis Kuliner!

Persaingan yang ketat antar kompetitor dalam industri kuliner mungkin bukanlah hal yang baru. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk berinovasi dalam memasarkan bisnis agar dapat menarik lebih banyak perhatian pelanggan serta meningkatkan kesetiaan pelanggan.

Jika kamu masih bingung mengenai cara melakukan inovasi pemasaran, artikel ini akan menjelaskannya secara rinci dan mudah dipahami, sehingga bisa langsung diterapkan pada bisnis kuliner yang kamu jalankan.

Apa itu Inovasi Pemasaran?

Inovasi pemasaran adalah menciptakan inovasi dalam proses memasarkan produk dan mengkomunikasikannya kepada target pelanggan. 

Di dunia bisnis kuliner yang penuh dengan persaingan, berinovasi dalam pemasaran sangat penting agar bisnis tetap relevan dan menarik bagi pelanggan.

Untuk mencapainya, kamu perlu mengidentifikasi kebutuhan, perilaku, dan tren pelanggan. Setelah itu, kembangkan temuan tersebut menjadi strategi pemasaran yang meliputi perubahan produk, perancangan ulang produk, peluncuran produk baru yang memiliki target pelanggan berbeda, penentuan harga, dan cara non-konvensional untuk menawarkan produk. Semua ini akan membantu kamu bersaing lebih baik di pasar kuliner.

Inovasi pemasaran sangat penting untuk kamu yang menjalani bisnis, karena umumnya mengalami perubahan tren yang cepat dan di sini kamu dituntut untuk lebih unggul dari yang lain.

Karena itu kamu harus melakukan riset untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan dari produk kamu, sehingga kamu bisa meningkatkan customer experience yang lebih baik.

Jenis-Jenis Inovasi Pemasaran yang Bisa Kamu Terapkan

Jenis-Jenis Inovasi Pemasaran yang Bisa Kamu Terapkan

Sumber: Freepik.com

1. Digital Marketing

Konsep digital marketing memungkinkan bisnis kamu terhubung dengan pelanggan lewat media sosial, website, dan bahkan influencer untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Keuntungan dalam menggunakan digital marketing adalah jangkauan yang luas. Kamu bisa memanfaatkan jangkauan ini untuk memperkenalkan menu-menu yang ada di bisnis kuliner kamu. 

Digital marketing memungkinkan komunikasi yang lebih personal dengan pelanggan. Komunikasi ini melalui iklan dan content yang sudah kamu sesuaikan. Dengan kamu menganalisis data, bisnis kuliner kamu bisa tahu perilaku konsumen, yang membantu pemasaran bisnis semakin efektif.

2. Marketing Storytelling

Menggunakan storytelling merupakan inovasi pemasaran yang sangat berdampak pada bisnis kamu. 

Kamu hanya perlu menceritakan bagaimana latar belakang bisnis dan menu-menu makanan kamu dengan tambahan narasi yang bisa membangun hubungan emosional antara kamu sebagai pemilik kepada pelanggan.

Pembuatan narasi yang baik dapat membuat pelanggan semakin penasaran dan tertarik untuk mencoba produk yang kamu buat.

3. Berinteraksi dengan Pelanggan

Interaksi yang konsisten juga membantu membangun rasa loyalitas, yang sangat penting untuk mempertahankan pelanggan.

Untuk memperkuat hubungan ini, kamu bisa memanfaatkan sistem ESB Loop, yang memungkinkan pelanggan untuk lebih terlibat dalam program loyalitas. 

Dengan adanya program ini, pelanggan akan merasa dihargai dan termotivasi untuk terus kembali, karena mereka bisa mendapatkan berbagai keuntungan, termasuk hadiah khusus dan promo menarik melalui referral.

4. Tingkatkan Kualitas Foto Produk Kamu

Kualitas foto produk yang baik bisa membuat pelanggan tertarik untuk mencobanya. Kamu bisa menyisihkan modal untuk menyewa fotografi makanan supaya menu-menu yang ada di bisnis kamu terlihat menarik.

5. Gunakan Sistem Pesan Makanan ESB Order

ESB Order merupakan sistem pesan makanan yang dapat mempercepat proses pesanan lebih cepat hingga 40% dibanding order manual lewat pelayan. Pelangganmu bisa melihat, memesan, dan membayar menu lewat scan barcode yang ada di meja.

Dengan menggunakan ESB Order pada bisnis kulinermu, pelanggan jadi tidak perlu antre dan menghemat waktu dalam memesan. Sistem ini akan meningkatkan customer experience dalam memesan makan.

Itu dia beberapa inovasi pemasaran yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kuliner. Kamu tentunya harus terus berinovasi di bisnis yang terus berkembang dengan cepat ini dan dinamis ini. Beradaptasi dengan cepat merupakan suatu tuntutan yang harus kamu jalani demi mempertahankan bisnis kuliner tetap berjalan.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya