Mau Bisnis Kulinermu Berkembang? Terapkan 4 F&B Service Ini
Seiringnya perkembangan zaman, persaingan antar restoran semakin ketat. Berbagai restoran berlomba-lomba menawarkan pelayanan terbaik mereka untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Kamu sebagai pebisnis F&B tentu menginginkan hal yang sama untuk restoranmu, supaya bisa terus berkembang dan memperluas bisnis.
Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat restoran kamu lebih unggul adalah dengan menghadirkan teknologi yang canggih pada restoranmu. Dengan teknologi, proses pemesanan dan pelayanan dapat berlangsung dengan lebih mudah dan praktis, sehingga restoran kamu jadi bisa melayani lebih banyak pelanggan dengan hasil yang maksimal.
Dalam artikel ini akan menjelaskan beberapa F&B service yang wajib dimiliki oleh restoran kamu di tahun 2024. Simak sampai habis, ya!
4 F&B Service yang Harus Kamu Miliki di Restoranmu!
Sumber: Freepik.com
Berikut beragam F&B service canggih yang harus kamu miliki di restoranmu agar lebih efisien dan fleksibel saat mengelola operasional bisnismu.
1. Aplikasi pemesanan dan layanan pesan antar online
F&B service pertama ada aplikasi pemesanan atau delivery online, di era digital yang semakin maju, kemudahan semakin melimpah, termasuk dalam hal food delivery atau pemesanan makanan. Untuk meraih keuntungan lebih besar, para pemilik usaha kuliner harus memaksimalkan pelayanan mereka dengan memanfaatkan aplikasi pesan-antar makanan online.
Dengan demikian, aplikasi pemesanan online dan layanan pesan antar akan membawa keuntungan untuk bisnis kamu. Untuk melakukan ini, kamu bisa menggunakan produk dari ESB Order, di mana kamu dapat lakukan pesan makanan online menggunakan aplikasi dan sudah terintegrasi dengan pengiriman pesan antar pihak ketiga seperti Gosend, Grab Express untuk mengantarkan makananmu.
2. Pembayaran tanpa kontak/contactless payment
Kamu pasti sering memperhatikan kalau kini semakin banyak restoran memasang QR code di meja kasir? hal ini menjadi salah satu pertanda bahwa teknologi pembayaran tanpa kontak atau contactless payment semakin marak digunakan. Pelanggan kini juga sudah tak perlu membawa lembaran uang tunai atau kartu debit untuk membayar makanan yang sudah dipesan, karena kini pembayaran cukup dilakukan dengan memindai kode QR melalui aplikasi pembayaran yang dimiliki.
Pembayaran tanpa kontak menjadi mode pembayaran yang semakin disukai pelanggan, terlebih dengan adanya kecenderungan untuk meminimalkan kontak fisik atau kesalahan perhitungan kembalian. Di samping itu, tiadanya uang fisik membuat pelanggan dan staff kamu lebih nyaman dan praktis dalam bertransaksi, tanpa adanya keharusan mempertukarkan uang kertas dan uang logam dalam bentuk fisik.
Nah, kalau restoran kamu menggunakan ESB Order, selain menyediakan layanan pesan makanan online, pelanggan kamu juga bisa memesan dan melakukan pembayaran di meja tanpa harus ribet memanggil pelayan. Jadi super efisien dan praktis, bukan?
3. Sistem reservasi meja online
Saat ini, orang terbiasa menelepon restoran untuk melakukan reservasi meja untuk mengamankan tempat ketika berkunjung ke restoran. Kini kamu dapat memudahkan pelangganmu untuk melakukan reservasi atas meja restoran kamu dengan sistem reservasi meja online.
Di sisi lain, restoran kamu dapat mengelola penempatan duduk, waiting list, dan preferensi makanan supaya operasional restoran tetap berjalan lancar. Sistem reservasi juga memudahkan restoran kamu dalam mengumpulkan data pelanggan, yang kemudian akan dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan promosi ataupun membangun hubungan dengan pelangganmu.
Tentunya, kamu bisa menggunakan ESB Book pada bisnis kulinermu yang memiliki fitur layanan reservasi meja yang praktis dan mudah, baik melalui telepon, kunjungan langsung, atau melalui smartphone.
4. Program loyalitas pelanggan
Kunci utama kesuksesan suatu restoran tidak hanya ditentukan oleh banyaknya pengunjung, tetapi juga oleh banyaknya pengunjung yang datang kembali ke restoran kamu (repeat customers). Karena itu, restoran berlomba-lomba menggaet pengunjung supaya merasa nyaman dan menikmati waktunya di restoran, dengan harapan mereka akan datang kembali di lain hari. Selain menjaga kestabilan pendapatan, pelanggan setia restoran akan membantu memudahkan restoran kamu dalam menerima pengunjung baru!
Program loyalitas menjadi strategi yang banyak diambil restoran untuk mempertahankan pelanggannya. Melalui program loyalitas seperti ini, pelanggan akan memperoleh keistimewaan dibandingkan pengunjung biasa yang datang dan pergi. Keistimewaan ini dapat hadir dalam berbagai bentuk, seperti diskon, kemudahan dalam reservasi, atau ekstra makanan gratis, sesuai dengan pilihan kamu.
Nah, kalau soal loyalitas pelanggan. Kamu bisa menerapkan produk ESB Loop untuk bisnis kulinermu, kenapa harus ESB Loop? Karena, kamu bisa meningkatkan loyalitas konsumen yang baik, seperti adanya program loyalitas yang bikin pelanggan kamu jadi antusias melakukan repeat order. Terus juga bisa beri pelangganmu poin, diskon, atau hadiah menarik lainnya untuk yang sering berbelanja atau setia dengan bisnis kulinermu. Dengan begitu, pelangganmu akan semakin betah dan tidak mudah beralih ke pesaing deh.
Nah, di atas telah dijelaskan dengan singkat 4 F&B service yang wajib dan harus kamu terapkan pada restoranmu. Yuk, persiapkan bisnismu jadi lebih canggih dan efisien dengan ESB, Ahlinya Bisnis Kuliner!