SHARE

Mau Punya Pelanggan yang Setia? Coba Terapkan Ini di Bisnis Kulinermu

Keberhasilan bisnis kuliner itu bisa dilihat dari pelanggan setia yang selalu loyal dengan produk atau layanan kamu. Bayangkan, meski konsumen kamu belanja sedikit-sedikit, tapi karena sering beli berulang kali, pembelian dari mereka bisa jadi sumber utama, lho!

Bikin pelanggan betah sama bisnis kulinermu itu penting banget! Konsumen yang betah itu bukan hanya jadi pelanggan saja, tapi juga bisa merekomendasikan produkmu ke teman-teman mereka.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar meningkatkan loyalitas konsumen yang baik, seperti membuat program loyalitas yang bikin pelanggan semakin antusias! Beri pelangganmu poin, diskon, atau hadiah menarik lainnya untuk yang sering berbelanja atau setia dengan bisnis kulinermu. Dengan begitu, pelangganmu akan semakin betah dan tidak mudah beralih ke pesaing.

ESB, sebagai penyedia teknologi bisnis kuliner yang terintegrasi, memahami bahwa loyalitas konsumen adalah kunci kesuksesan bisnis. Karena itu, lahirlah produk ESB Loop yang akan dijelaskan secara lengkap dalam artikel ini mengenai benefit dan fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan jika memakai ESB Loop dalam bisnis kulinermu.

Yuk, simak sampai habis artikel ini ya!

Apa itu ESB Loop & Benefitnya?

Apa itu ESB Loop & Benefitnya?

Sumber: Freepik.com

ESB Loop adalah software program loyalitas yang dapat menarik pelangganmu dengan berbagai benefit dan reward menarik. Apa saja sih benefit yang bisa kamu dapatkan jika restoranmu menggunakan ESB Loop? Berikut di antaranya:

1. Pelanggan Makin Setia

Buat pelangganmu makin setia dengan restoranmu melalui pemberian poin, sistem tier, dan berbagai benefit menarik.

2. Jaga Omzet Tetap Stabil

Pelanggan setia akan membantu menjaga kestabilan bisnismu, bahkan saat situasi bisnismu sedang tidak normal.

3. Pantau Status Pelanggan

Mudah membedakan anggota aktif untuk memberikan tawaran dan layanan yang tepat.

Apa yang Mampu ESB Loop Lakukan?

Apa yang Mampu ESB Loop Lakukan?

Sumber: Dokumentasi ESB

Setelah mengenal apa itu ESB Loop dan benefitnya, kamu juga harus tau apa saja yang bisa dilakukan oleh ESB Loop untuk meningkatkan loyalitas pelangganmu!

1. Mengumpulkan Data Pelanggan

Menyimpan nomor telepon pelanggan (anggota atau non-anggota) untuk digunakan dalam memberikan rekomendasi menu berdasarkan preferensi pengguna dan kampanye pintar.

ESB Loop memungkinkan merchant untuk mengumpulkan data pelanggan secara komprehensif dan otomatis. ESB Loop mampu memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang preferensi, kebiasaan, dan kebutuhan pelanggan.

2. Memberikan Rekomendasi Menu

Memberikan rekomendasi menu berdasarkan preferensi pelanggan (anggota atau non-anggota). Fitur ini juga memungkinkan merchant untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih personal dan disesuaikan kepada pelanggan.

Tentunya, rekomendasi menu yang disesuaikan dengan preferensi pengguna dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Smart Campaign dengan Kecerdasan Buatan (AI)

Membuat campaign dengan bantuan AI untuk menentukan segmentasi dan kriteria penerima pesan. Dengan fitur ini, kamu bisa mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan konversi penjualan.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki promo menarik yang ingin disampaikan kepada pelanggan setiamu, fitur ini memungkinkan kamu untuk mengirimkan pesan WhatsApp secara personal kepada semua pelanggan yang data-datanya telah terkumpul.

Kamu juga bisa pilih 3 kategori penerima WhatsApp yang telah disiapkan, jadi kamu bisa pilih sesuai kebutuhan promosi atau kriteria penerima yang kamu inginkan. Seperti:

1. Transaction Time

Merupakan waktu customer melakukan transaksi, seperti 

  • (Recently Purchased) customer yang baru-baru ini melakukan transaksi
  • (Not Recently Purchased) customer yang sudah lama tidak melakukan transaksi

2. Total Transaction

Menunjukkan seberapa seringnya member melakukan transaksi yang dikategorikan dengan 

  • (Regularly in this year) customer yang melakukan transaksi secara rutin (konsisten) di tahun berjalan
  • (Rarely in this year) customer yang tidak sering atau jarang (tidak konsisten) melakukan transaksi di tahun berjalan
  • (Regularly all time) customer melakukan transaksi secara rutin (konsisten) sepanjang waktu
  • (Rarely all time) customer yang tidak sering atau jarang (tidak konsisten) melakukan transaksi

3. Spending Amount

Merupakan banyaknya nilai transaksi yang dilakukan dengan kategori 

  • (Small Spender This Year) customer yang melakukan transaksi paling sedikit di tahun berjalan
  • (Big Spender This Year) customer yang melakukan transaksi paling banyak di tahun berjalan
  • (Small Spender All Time) customer yang melakukan transaksi paling sedikit
  • (Big Spender All Time) customer yang melakukan transaksi paling banyak

Kamu juga bisa loh mengatur total customer yang dapat menerima pesan WhatsApp tersebut. ESB Loop memiliki 2 template message yang bisa kamu gunakan saat broadcast WhatsApp promosimu. Nantinya, kamu udah enggak perlu bingung lagi deh saat memikirkan tulisan dalam promo tersebut.

Untuk cara penggunaan fitur smart campaign, dapat kamu lihat dengan klik link panduan di bawah ini ya!


PANDUAN SMART CAMPAIGN

 

Itu dia penjelasan mengenai apa itu ESB Loop dan fitur-fiturnya, dengan menggunakan ESB Loop dalam bisnismu, pelanggan akan semakin senang dengan pemberian poin, sistem tier, dan berbagai benefit menarik. Selain membuat pelanggan senang, kamu sebagai pebisnis juga bisa menjaga omzet tetap stabil deh!

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya