Proyeksi 5 Franchise Restoran Terlaris Tahun 2024
Apa itu bisnis franchise? Singkatnya, bisnis franchise adalah bisnis yang terjalin antara pemilik merek (franchisor) dan pihak yang menggunakan merek tersebut (franchisee) dengan membayarkan sejumlah biaya tertentu.
Franchisee bisa memilih dan menjalankan bisnis franchise yang sudah memiliki banyak pelanggan setia dan merek yang sudah dikenal banyak orang sehingga memudahkan untuk fokus mengembangkan bisnisnya.
Bisnis franchise–termasuk franchise restoran–masih memiliki potensi yang besar untuk berkembang di Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, sepanjang tahun 2012-2022 terdapat total pertambahan franchise sebanyak 231 franchise.
Sebanyak 107 di antaranya adalah franchise lokal, sedangkan 124 sisanya adalah franchise asing. Secara total, sudah lebih dari 1100 franchise yang berdiri di Indonesia, dan salah satu sektor yang menyumbang persentase terbesar adalah franchise di sektor F&B.
Franchise restoran bisa dijadikan pilihan para pebisnis kuliner yang ingin merintis bisnis, tapi tidak sepenuhnya ingin memulai dari nol. Namun, ada catatan yang penting untuk diperhatikan, bisnis franchise membutuhkan modal yang cukup besar dan memiliki risikonya sendiri sehingga pastikan kamu sudah punya modal serta bekal ilmu & strategi pengembangan bisnis kemitraan yang cukup kuat.
Menurut International Trade Administration, jenis restoran dengan mode full service masih memegang kontribusi sebesar 83% dari total penjualan di sektor F&B, diikuti makanan cepat saji di angka 6%, kafe & bar di angka 5,5%, jajanan kaki lima sebesar 4,4%, dan kafe self service di angka 1%.
Lantas, franchise restoran apa saja yang populer dan mengalami pertumbuhan di tahun 2023 ini?
1. Kopi Kenangan & Janji Jiwa
Sumber: kopikenangan.com
Berdasarkan data dari Snapcart, 79% masyarakat Indonesia adalah konsumen kopi dan sebagian besarnya mengonsumsi kopi minimal sekali dalam satu hari. Namun, mayoritas masyarakat Indonesia (63%) memilih untuk membeli kopi di coffee shop/ kafe pada hari kerja (weekday).
Hal ini tentunya menandakan peluang yang masih besar untuk membuka franchise restoran dalam bentuk coffee shop atau kafe.
Di tahun 2024, Statista memprediksi kenaikan volume di pasar kopi hingga 4,9%. Pasar kopi di Indonesia terus tumbuh dan berkembang dengan peningkatan permintaan terhadap kopi specialty yang berfokus pada praktik-praktik pertanian kopi yang berkelanjutan (sustainable).
Kopi Kenangan adalah salah satu franchise kopi kebanggaan Indonesia yang terus berkembang dan mulai masuk ke pasar kopi global. Pada Oktober 2022, Kopi Kenangan sudah membuka outlet internasional pertamanya di Malaysia. Mengutip data dari Indonesia Business Report di tahun 2023, Kopi Kenangan sudah memiliki 850 outlet yang tersebar di 64 kota di Indonesia.
Selain Kopi Kenangan, kopi Janji Jiwa memegang posisi yang cukup menjanjikan menurut Snapcart pada merek kopi siap minum di kafe yang paling banyak diminum masyarakat Indonesia dengan persentase sebesar 50%, disusul Starbucks pada persentase 50%.
Kopi Kenangan menawarkan konsep kopi yang modern dan menawarkan berbagai variasi menu racikan kopi, sedangkan Janji Jiwa memegang teguh autentisitas setiap kreasi menu kopi racikannya.
2. Mixue
Sumber: wikipedia.com
Mixue Indonesia yang berada di bawah lisensi PT Zhisheng Pacific Trading mengusung konsep es krim dan teh dengan harga terjangkau mampu merebut hati masyarakat Indonesia dalam rentang waktu yang relatif cepat.
Pertumbuhan outlet-nya yang cukup pesat dalam kurun waktu 2 tahun membuktikan posisi Mixue sebagai kompetitor sektor dessert yang harus diwaspadai oleh pemain franchise restoran lokal.
Inovasi menu yang terus dilakukan Mixue mampu membuatnya terus melejit dan sudah mencapai pertumbuhan hingga lebih dari 1000 outlet di Indonesia (data swa.co.id) hanya dalam waktu 2 tahun. Mixue berhasil memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya dan menjangkau pelanggan yang lebih luas.
3. Sabana Fried Chicken
Sumber: sabanaku.com
Menu ayam goreng masih menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia di tahun 2023. Resto atau outlet ayam goreng bisa dengan mudah ditemui mulai dari jajanan pinggir jalan hingga restoran di mal-mal besar.
Kreasi dan inovasi menu ayam goreng yang merupakan salah satu comfort food masyarakat Indonesia memang tidak ada habisnya untuk dieksplor.
Salah satu franchise ayam goreng lokal yang bisa kamu lirik untuk mendatangkan cuan dan terus berkembang yaitu Sabana Fried Chicken. Merek yang berada di bawah naungan PT Sumber Berkah Niaga dan didirikan sejak tahun 2006 ini sudah memiliki lebih dari 2000 outlet di seluruh Indonesia.
Di tengah ketatnya kompetisi franchise restoran ayam goreng, Sabana tetap mampu berada di posisi atas karena menjaga kualitas produknya. Sabana bekerja sama dengan peternak langsung untuk memastikan kesegaran bahan baku yang kemudian akan memengaruhi kekonsistenan cita rasa produk ayam gorengnya.
Bagaimana sih caranya untuk memastikan supplier yang berkualitas dengan harga terbaik? ESB punya solusinya, ESB Goods. ESB Goods adalah marketplace B2B yang menghubungkan pebisnis kuliner dengan supplier yang sudah terverifikasi.
ESB Goods juga baru saja mengeluarkan produk baru yaitu sistem Close Loop untuk membantu para pebisnis mengelola franchise dengan lebih optimal karena sistem ini bisa menjaga standar produk tetap sama, menjamin kualitas bahan baku, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan masih banyak lagi benefit yang akan kamu rasakan.
4. Subway
Sumber: kumparan.com
Berdasarkan data dari Mordor Intelligence, franchise restoran internasional seperti Subway menjadi franchise dengan segmen pertumbuhan tercepat berdasarkan tipe outlet.
Prediksi tingkat pertumbuhan per tahun (Compound Annual Growth Rate/ CAGR) pada rentang tahun 2023 segmen ini yaitu 13,76%. Tingkat pertumbuhan yang cukup signifikan ini diprediksi berasal dari keberhasilan pemasaran Subway melalui media sosial.
Subway yang masuk ke Indonesia sejak 2021 berhasil tumbuh cukup pesat seiring pertambahan cabangnya di banyak daerah.
Pada akhir Q1 di tahun 2023, PT Map Boga Adiperkasa Tbk yang menaungi Subway membuka outlet ke-63 di Bali. Subway terus berinovasi untuk menyediakan variasi menu sehat di gerainya serta memperluas jangkauan outletnya untuk memperlebar sayap pemasarannya.
Restoran cepat saji yang memiliki specialty sandwich asal Amerika Serikat ini mengalami peningkatan penjualan global sebesar 12,1% persen dalam basis year on year (yoy).
5. RAFI
Sumber: babarafi.com
Franchise RAFI mencakup merek Kebab Turki Baba Rafi, Container Kebab, Kebab Kitchen, Smokey Kebab, hingga Baba Rafi Cafe. Mengutip dari Bisnis.com, selama Desember 2022 hingga awal November 2023 sudah ada penambahan 88 outlet franchise RAFI baru.
Berdasarkan data laporan keuangan Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dirilis Agustus 2023, pendapatan franchise RAFI (PT Sari Kreasi Boga Tbk) melejit hingga 356,91% pada semester I 2023. Selanjutnya, mengutip dari pernyataan Direktur Utama RAFI, prediksi pertumbuhan merek Baba Rafi di tahun 2024 bisa menyentuh angka 5-10% karena faktor tahun politik.
Di tahun depan, proyeksi penjualan Kebab Baba Rafi dapat mengalami peningkatan permintaan kebutuhan logistik yang cukup besar selama pemilu. Profil positif franchise RAFI dan peluang pertumbuhan yang masih terbuka lebar ini bisa menjadi pertimbanganmu untuk bekerja sama membuka franchise kebab Baba Rafi.
Setelah melihat 5 franchise restoran yang bisa masuk daftar pertimbanganmu untuk memulai bisnis kuliner tanpa harus membangunnya dari nol, sudah tertarik untuk mengulik dan riset lebih jauh?
Kalau kamu butuh modal tambahan untuk membuka franchise impianmu, ESB punya solusi permodalan lewat ESB Capital yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan tingkat bunga yang rasional. Yuk, mantapkan strategi dan tujuanmu untuk membangun bisnis franchise restoran yang sukses!