Simak 5 Rahasia & Cara Membuat Restoran Kamu Sukses!
Memulai dan menjalankan bisnis restoran memerlukan persiapan dan riset yang matang serta selalu terbuka akan inovasi baru di dunia kuliner. Meskipun persaingan di bidang kuliner sangatlah ketat, peluang untuk sukses dan meraup keuntungannya pun masih terbuka lebar. Karena kami memahami kesulitan dan betapa pusingnya untuk membuat restoranmu laris manis, simak 5 rahasia dan cara membuat restoranmu sukses berikut.
1. Unik Adalah Kunci!
Sumber: Pexels/ KseniaChernaya
Ciri khas yang akan membuat restoranmu berbeda dari kompetitor penting untuk mencuri hati pelanggan dan membuatnya tertarik berkunjung. Apa saja keunikan yang bisa diterapkan di sebuah restoran?
Ciri khas sebuah restoran bisa dilihat dari gaya pelayanannya, misal penyajian serba cepat, konsep restoran yang belum pernah ada sebelumnya, seperti restoran inklusif yang mempekerjakan penyandang disabilitas, hidangan menu dengan cita rasa yang autentik, serta bisa juga dengan menghadirkan menu-menu seasonal yang sudah di riset sebelumnya. Kamu juga bisa memberikan sentuhan berbeda di restoranmu dengan mendesain dekorasi yang merefleksikan konsep restoranmu sekaligus memberikan pengalaman makan lebih nyaman dan menyenangkan bagi pelanggan.
2. Pilih Lokasi yang Strategis
Sumber: Freepik
Pemilihan lokasi akan berpengaruh besar untuk mendatangkan traffic pelanggan di restoranmu. Beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbanganmu dalam memilih lokasi restoran yaitu akses jalan dan jarak terhadap transportasi publik yang akan memudahkan pelanggan untuk menjangkau restoranmu serta meningkatkan eksposur restoran, biaya karyawan di calon lokasi restoran yang sesuai budget, serta kepadatan kompetitor di sekitar restoranmu.
Tentunya kamu tidak ingin membuka restoran di lokasi yang dipenuhi oleh kompetitor karena persaingan yang sangat ketat dan segmen market yang menjadi target mu mungkin sudah menjadi pelanggan setia restoran kompetitor.
Untuk pengingat, jika kamu mempertimbangkan untuk memilih lokasi restoran yang dekat dengan jalan raya utama agar akses pengunjung mudah serta meningkatkan visibilitas restoranmu, maka jangan lupa juga untuk cek budget-mu karena biasanya lokasi tersebut membutuhkan biaya yang besar.
3. Berikan Pelayanan Terbaik dan Pengalaman Makan yang Menyenangkan
Sumber: Unsplash
Restoran yang selalu ramai oleh pengunjung tidak bisa terlepas dari pelayanan prima yang akan menambah nilai bagi kepuasan pelanggan dan meningkatkan pengalaman makan. Kamu bisa memberikan pelayanan yang cepat tanpa menurunkan kualitas, misalnya dengan mengelola antrean secara online sehingga kasir tidak perlu merangkap sebagai waiter.
Selain itu, kamu bisa meningkatkan pelayanan pembayaran di kasir agar lebih lancar dan memudahkan pembayaran pelanggan dengan menyediakan berbagai macam pilihan pembayaran digital.
Restoranmu pun bisa lebih terekspos dan menjangkau semakin banyak pelanggan dengan menghadirkan layanan mulai dari makan di tempat, pesan antar, serta pick-up, sameday delivery, atau scheduled order sehingga pelanggan bisa memesan dari mana pun, kapan pun sesuai dengan kebutuhannya.
Kemudahan-kemudahan yang diciptakan untuk memberikan pengalaman makan yang berkesan bagi pelanggan ini bisa kamu wujudkan dengan menggunakan ESB Order, sistem penjualan online berbasis web. Jadi, pelanggan tidak perlu ribet harus install aplikasi untuk memesan dan membayar menu. Pelanggan restoranmu cukup scan QR di mejanya, pilih menu, dan bayar. Operasional restoranmu lebih efisien waktu dan biaya, pelangganmu pun puas.
4. Tawarkan Promosi dan Program Loyalti
Sumber: iStock/ Claudio Arnese
Hampir semua orang selalu mengejar diskon. Diskon bisa membuat pelangganmu hepi, meningkatkan penjualan, serta mendorong mereka untuk memberikan review positif tentang restoranmu.
Trik menggunakan diskon untuk menarik pelanggan baru mungkin masih bisa diterapkan, tapi hal ini tidak selalu harus kamu lakukan karena sebenarnya kamu “membakar uang” berlebihan jika terus-terusan memberikan diskon di restoranmu. Pelanggan mungkin tidak pernah sepi, tapi bisnismu jadi bobrok.
Solusinya, coba lirik program loyalti. Program loyalti atau membership bertujuan untuk membuat pelanggan datang lagi dan lagi ke restoranmu sehingga penjualan di restoranmu akan stabil meningkat.
Selain itu, mencari pelanggan baru jauh lebih sulit daripada mempertahankan pelanggan loyal. Pelanggan setia ini akan membantu meningkatkan keuntungan bisnismu hingga 2x lipat. Ditambah lagi jika program loyalti ini bisa kamu dapatkan secara gratis.
Tentu saja bisnismu akan lebih untung tanpa perlu menguras rekening bank-mu. Program loyalti dari ESB—ESB Loop—bisa jadi pilihan cerdas untuk bisnismu karena sudah termasuk ke dalam produk aplikasi kasir ESB, jadi kamu tidak perlu bayar biaya tambahan.
Kamu bisa mengatur setelan poin pelanggan, membuat sistem level jumlah poin, dan pelanggan bisa menukarkan poin dengan hadiah yang sudah disesuaikan oleh restoran. Sudah saatnya kamu tidak melulu bakar cuan, tapi mulai membuat pelanggan loyal pada restoranmu!
5. Buat Calon Pelanggan Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama dengan Eksterior Restoran
Sumber: Freepik
Saat kita jalan-jalan melewati banyak gedung, salah satu aspek yang akan menarik perhatian adalah desain eksterior unik atau out of the box. Dikutip dari Iconia Group, –sebuah perusahaan jasa desain– eksterior yang didesain secara matang dan baik akan meningkatkan perputaran pelanggan (turnover) sampai 50%.
Tingkat turnover yang lebih tinggi akan meningkatkan penjualan restomu dan tentunya membuat bisnismu semakin cuan. Saat merencanakan desain eksterior restoranmu, kamu akan memberikan identitas visual yang juga harus merepresentasikan brand atau konsep restoranmu. Desain juga harus disesuaikan dengan furnitur seperti layouting meja dan kursi outdoor agar konsep dan flow restoranmu tidak rusak.
Desain eksterior juga bisa membuat pengunjung restoranmu lebih terkoneksi dengan alam dengan memberikan sentuhan seperti balkon, jendela besar, atau layout tempat duduk yang menghadap ke arah pemandangan alam.
Eksterior yang unik dan aesthetic pun akan mendorong pelanggan untuk berfoto dan mengunggahnya di media sosial mereka sehingga secara tidak langsung, restoranmu pun mendapatkan benefit promosi secara cuma-cuma. Menarik untuk dipertimbangkan, bukan?
Itulah 5 cara membuat restoran menjadi sukses dan tidak pernah sepi pelanggan. Meskipun memulai dan mengelola restoran punya tantangannya tersendiri dan menuntutmu untuk selalu beradaptasi, tapi kesuksesan bisa kamu dapatkan jika terus mencoba best pratices dan punya bekal ilmu yang cukup. Yuk, coba terapkan 5 kunci rahasia ini dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan konsep dari restoranmu!