Maksimalkan Penjualan dengan 9 Cara Promosi Produk Makanan Ini!
Rizki AmeliaBisnis kuliner saat ini sudah semakin berkembang dengan banyakan pesain yang terus bermunculan. Karena itu, strategi tentang cara promosi produk kuliner juga harus ikut berkembang seiring berjalannya waktu. Di era digital sekarang, sangat penting bagi pelaku bisnis kuliner untuk memahami cara mempromosikan produknya secara online melalui media sosial.
Melalui media sosial kamu bisa dengan mudah mengenalkan produk makanan ke semua orang dengan jangkauan yang sangat luas dan membangun nama brand semakin baik.
Platform media sosial seperti TikTok, Instagram, YouTube dan lainnya adalah cara promosi produk yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis kuliner sesuai dengan kebutuhan.
Karena itu, bagi kamu yang bingung cara promosi produk makanan lewat media sosial, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini.
Cara Promosi Produk Makanan melalui Media Sosial
Sumber: Daya.Id
1. Pilih Platform Media Sosial yang Tepat
Perlu di garis bawahi, tidak semua media sosial cocok dengan cara promosi produk makanan kamu. Seperti contohnya di media sosial TikTok cocok untuk produk makanan jenis cemilan, sedangkan di Instagram kamu bisa menggaet pelanggan dengan cara yang berbeda. Identifikasi terlebih dahulu target pelanggan kamu dan lakukan riset tentang berapa banyak mereka menghabiskan waktunya di media sosial.
2. Pelajari Foto Produk Makanan
Promosikan produk makanan kamu dengan kualitas foto yang baik. Foto adalah hal terpenting untuk mengambil perhatian pelanggan di media sosial. Investasikan sedikit modal ke visual produk makanan sehingga orang yang melihat postingan di media sosial kamu menjadi tergoda untuk mencicipi.
3. Ikuti Trend Seputar Makanan
Kamu pasti ingat dengan trend Dalgona Coffee, di media sosial sangatlah viral dengan minuman itu. Kamu bisa mengikuti trend tentang makanan terkini dan membuat resepnya ke dalam menu produk kamu sebagai strategi memasarkannya.
4. Berkolaborasi dengan Food Influencer
Cara promosi produk makanan ini adalah melakukan endorsement dari para influencer. Endorsement sendiri adalah strategi pemasaran yang melibatkan individu yang mempunyai pengaruh di media sosial untuk mempromosikan produk makanan kamu.
Tentunya kamu jangan asal dalam memilih influencer. Pastikan influencer tersebut relevan dengan produk yang kamu jual. Dengan meng-endorse influencer produk kamu mendapatkan eksposur yang besar.
Baca Juga: Sedang Tren! Food Influencer untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Kuliner
5. Buat Giveaway
Dengan cara promosi produk seperti ini dapat meningkatkan jumlah pengikut di media sosial sehingga produk brand kamu lebih mudah dikenal dimana-mana.
6. Berinteraksi dengan Audiens melalui Komen dan Pesan Langsung
Media sosial adalah media komunikasi dua arah. Jangan hanya sekedar posting lalu membiarkan audiens melihat. Kamu harus merespon disaat audiens memberikan komen atau mengirim pesan untuk membuat hubungan yang baik.
7. Pasang Iklan di Media Sosial
Media sosial merupakan platform yang sangat baik dalam mengiklankan produk makanan kamu. Dengan menggunakan fitur pengiklanan di media sosial, kamu dapat mengetahui target audiens yang ideal berdasarkan demografi, ketertarikan, hingga kebiasaan audiens. Menggunakan iklan yang berbayar adalah cara promosi produk yang baik supaya kamu bisa mendapatkan audiens yang luas.
8. Tampilkan Ulasan yang Positif
Ulasan positif dari audiens adalah suatu bukti nyata terhadap kualitas produk makanan yang kamu jugal. Dengan memperlihatkan testimoni audiens, kamu bisa membangun kepercayaan audiens dan memiliki calon pembeli yang potensial.
Selain itu, ulasan bisa memberikan rekomendasi bagi calon konsumen yang sedang mencari makanan untuk dibeli. Jadi, selalu dorong audiens kamj untuk meninggalkan ulasan setelah membeli produk.
9. Pakai Sistem Pesan Makan Online
Terakhir, pakai sistem pesan makan online dari ESB Order. Kenapa? Nantinya kamu bisa cantumkan link pemesanan di BIO Instagram agar memudahkan pelanggan melihat menu, QR Code untuk pesan makan lewat meja, dan link order melalui aplikasi chat seperti whatsapp.
Lebih dari itu, ESB Order terbukti meningkatkan pembelanjaan customer hingga 60% dengan rekomendasi AI (artificial intelligence).
Masa Depan Media Sosial dalam Mempromosikan Produk Makanan.
Dilansir melalui tastewise.io, media sosial terus berkembang dan masa depan pemasaran makanan sangatlah cerah. Bentuk konten seperti video TikTok, Instagram Reels/Stories, dan lainnya sangat mendukung kemajuan strategi pemasaran.
Dengan tambahan Artificial Intelligence (AI) akan sangat bermanfaat dalam membuat ide konten dan efektif dalam menentukan target audiens yang relevan untuk dijadikan strategi dalam memasarkan produk.
Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam cara promosi produk makanan adalah audiens itu sendiri. Dengan kemajuan strategi pemasaran produk makanan di media sosial, audiens akan mulai memperhatikan industri makanan.
Mereka jadi berharap kalau suatu brand akan tranparan terhadap proses pembuatan makanan tersebut. Yang berarti artinya media sosial bagi para pelaku UMKM dan pebisnis makanan harus fokus dalam menjaga kualitas dan terbuka dengan para audiens.