SHARE

Mau Jualan Makin Laris? Yuk Coba 10 Strategi Promosi Ini untuk Meningkatkan Penjualan!

Briantama Afiq Ashari
strategi promosi

Pernah merasa jualan sudah mati-matian promosi tapi hasilnya tetap segitu-segitu aja? Bisa jadi ada yang kurang pas dalam strategi promosi yang kamu jalankan. Tenang, kamu nggak sendiri! Banyak pebisnis mengalami hal yang sama. 

Yuk, kita bahas cara biar jualan makin laris dengan strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan teknik yang tepat. Apa saja strateginya? Simak sampai habis, ya!

1. Gunakan Diskon sebagai Magnet Pembeli

Strategi yang pertama adalah dengan menerapkan diskon. Nah, siapa sih yang nggak suka diskon? Potongan harga memang menjadi daya tarik tersendiri. Kamu bisa coba berbagai bentuk diskon, seperti flash sale dalam waktu terbatas, buy 1 get 1 untuk mendorong repeat order, atau voucher cashback.

Diskon juga bisa dijadikan sebagai strategi untuk mengenalkan produk baru atau meningkatkan daya saing bisnis kamu di pasaran. Namun, jangan asal kasih diskon tanpa strategi yang matang, ya!

2. Promosi Langsung ke Target Pasar

Kegiatan strategi promosi dengan langkah untuk mengenalkan produk secara langsung ke pembeli disebut direct marketing. Teknik ini bisa bikin pelanggan lebih yakin, karena mereka bisa langsung melihat atau mencoba produkmu.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membagikan tester atau sample gratis di tempat-tempat strategis seperti mall, bazar, atau event komunitas. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, loh!

Selain itu, kamu juga bisa mengadakan event pop-up store di lokasi-lokasi yang sering dikunjungi oleh target pasar kamu. Misalnya, kalau kamu menjual produk kecantikan, cobalah membuka pop-up store di mall atau dekat kampus. 

Demo produk juga bisa jadi strategi yang efektif, terutama untuk produk yang butuh edukasi lebih lanjut. Contohnya, kalau kamu menjual peralatan dapur inovatif, adakan demo langsung di toko atau melalui live streaming.

Tujuannya, tentu biar calon pelanggan bisa melihat cara penggunaannya secara langsung. Teknik ini bisa meningkatkan minat beli karena pelanggan bisa lebih memahami manfaat produk tersebut.

Baca Juga: 100 Kata-Kata Promosi Makanan yang Bikin Bisnis Kulinermu Cuan & Untung Maksimal

3. Optimalkan Media Sosial

Sekarang siapa sih yang nggak main media sosial? Platform seperti Instagram, TikTok, dan Facebook bisa jadi alat promosi super efektif. Gunakan strategi promosi langsung, dengan menggunakan konten menarik.

Konten-konten tersebut seperti video unboxing atau review produk oleh influencer, live selling dengan penawaran spesial, serta konten edukatif yang relate dengan produkmu. 

4. Kolaborasi dengan Influencer

Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan endorsement atau paid partnership yang dikemas dengan storytelling menarik. Kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer untuk membuat konten giveaway atau challenge. 

Misalnya, kalau kamu menjual produk makanan, buat challenge memasak menggunakan produkmu dan ajak influencer untuk ikut serta. 

5. Gunakan Email Marketing

Strategi kelima adalah menggunakan email marketing. Nah, email marketing ini masih menjadi salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan, loh! Melalui email, kamu bisa mengirimkan informasi produk, promo, atau sekadar berbagi konten menarik.

Jangan lupa untuk membuat subjek email yang menarik agar pelanggan tertarik untuk membukanya. Gunakan desain yang profesional dan CTA (call-to-action) yang jelas, seperti tombol “Beli Sekarang” atau “Dapatkan Diskon”.

6. Gunakan Teknik Scarcity dan Urgency

Strategi berikutnya ini menarik, karena salah satu trik psikologi dalam pemasaran adalah membuat pelanggan merasa perlu segera membeli. Teknik scarcity (kelangkaan) dan urgency (mendesak) bisa sangat efektif.

kamu bisa menerapkan promo dengan batas waktu tertentu, seperti “Diskon 50% hanya hari ini!” atau “Stok tinggal 10 produk lagi!”. Hal ini bisa memicu pelanggan untuk segera melakukan pembelian, agar tidak kehabisan kesempatan.

7. Program Referral untuk Memperluas Pasar

Program referral adalah strategi yang memungkinkan pelanggan lama merekomendasikan produk kamu ke orang lain dan mendapatkan reward sebagai imbalannya. 

Kamu bisa memberikan insentif, seperti potongan harga, cashback, atau produk gratis bagi pelanggan yang berhasil mengajak orang lain membeli.

8. Strategi Bundling Produk 

Banyak pelanggan tertarik dengan paket bundling karena merasa mendapatkan lebih banyak produk dengan harga lebih hemat. Bundling bisa berupa penggabungan beberapa produk dalam satu paket dengan harga khusus atau memberikan bonus produk.

Contoh, jika kamu menjual produk makanan, kamu bisa menawarkan “Paket Hemat: Beli 3 Snack Hanya Rp50.000” atau jika kamu menjual produk kecantikan, bisa membuat paket “Skincare Lengkap: Serum + Moisturizer + Sunscreen dengan Harga Spesial.”

9. Tingkatkan Customer Service dan Manfaatkan Testimoni 

Pelanggan yang merasa puas dengan layananmu akan lebih mungkin untuk kembali membeli dan merekomendasikan produk ke orang lain. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas customer service sangat penting.

10. Buat Produk Lokal Jadi Lebih Menarik

Kalau kamu jualan produk khas daerah, pastikan kamu punya strategi yang tepat. Strategi promosi produk olahan makanan khas daerah bertujuan untuk memperkenalkan produk tersebut ke pasar yang lebih luas. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat packaging yang menarik dan modern. Kemasan yang eye-catching bisa meningkatkan daya tarik produk di rak toko atau marketplace.

Selain itu, branding juga sangat penting. Tonjolkan keunikan produk lokalmu agar bisa bersaing dengan produk lain di pasaran. Misalnya, kalau kamu menjual keripik khas daerah, ceritakan asal-usul dan bahan bakunya dalam bentuk storytelling yang menarik. 

Pelanggan akan lebih tertarik jika mereka merasa ada nilai budaya di balik produk yang mereka beli. Strategi lain yang bisa kamu coba adalah menjual produkmu di platform online seperti marketplace atau website sendiri. 

Nah, dengan begitu, produk lokalmu bisa dijangkau oleh lebih banyak orang, bahkan hingga luar daerah. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial dan bekerja sama dengan komunitas pecinta kuliner untuk meningkatkan awareness produk.

Baca Juga: 10 Strategi Rebranding untuk Bisnis Kuliner Lebih Menarik!

Kesimpulan

Itulah 10 strategi promosi untuk meningkatkan penjualan produk kamu. Bagaimana? Sudah siap jualan makin laris? Sekarang saatnya maksimalkan penjualan dengan sistem pemesanan online yang canggih.

ESB Order adalah solusi inovatif yang dirancang untuk membantu restoran menjangkau pelanggan dengan lebih efektif. Melalui berbagai mode pemesanan seperti Dine-in, Pick-up, Delivery, dan Reservasi, ESB Order memberikan kenyamanan bagi pelanggan dalam bertransaksi. 

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan data pelanggan untuk strategi pemasaran yang lebih personal. Oh iya, biaya komisinya mulai dari 1%, ESB Order memastikan restoran kamu bisa berkembang tanpa terbebani biaya tinggi. Jangan sampai ketinggalan, coba ESB Order sekarang dan rasakan kemudahan dalam meningkatkan penjualan!

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya