5 Cara Memulai Bisnis yang Jarang Tapi Dibutuhkan
Tren berbisnis semakin marak di tengah masyarakat kita, ya! Tapi, seringkali muncul pertanyaan, "Gimana sih cara supaya bisnis bisa sukses dan berkembang di pasarnya?", sebenarnya ada banyak cara kok untuk mengembangkan startup atau bisnis kecil menjadi sukses besar.
Salah satu trik jitunya adalah mencoba Niche Market, yaitu menjalankan bisnis yang jarang tapi dibutuhkan.
Tapi, sebelum melangkah lebih jauh, yuk, kita kenalan dulu dengan Niche Market!
Apa itu Niche Market?
Sumber: Freepik.com
Niche Market adalah segmen pasar yang unik dan spesifik dari pasar yang lebih besar. Contohnya, jika berbicara tentang baju perempuan, ada berbagai segmentasi seperti baju untuk ngantor, bermain, pesta, atau acara hari raya. Semua ini merupakan bagian dari Niche Market, alias pasar yang lebih fokus dan terarah.
Tapi, selain Niche Market, ada juga jenis segmentasi lain yang bisa dipakai oleh startup atau bisnis, yaitu Diversified Market dan Mass Market. Kalau Niche Market itu spesifik, Diversified Market lebih beragam!
Di sini, pelanggannya memiliki berbagai kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Contohnya, seperti marketplace online di mana orang bisa membeli berbagai produk sesuai kebutuhan mereka.
Sementara itu, Mass Market kebalikan dari Niche Market. Bedanya terletak pada ukuran pasar yang disasar. Mass Market menjangkau pasar yang luas dan beragam, sedangkan Niche Market lebih fokus pada segmen yang khusus.
Kenapa Harus Menentukan Niche Market?
Sumber: Freepik.com
1. Bisnis atau startup yang kamu jalankan akan lebih mudah dikenali
2. Pelanggan sulit menemukan produk serupa di tempat lain, kamu bisa menentukan harga produk dengan mudah
3. Pelanggan akan setia dalam mendukung bisnismu
4. Dengan pasar yang lebih spesifik, kamu tidak perlu repot bersaing dengan banyak kompetitor.
Baca juga: Pentingnya Pelajari Analisis SWOT dalam Bisnis Kuliner
Cara Memulai Bisnis yang Jarang tapi Dibutuhkan
Sumber: Freepik.com
Berikutnya cara mengetahui bisnis yang jarang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis Niche Market. Tapi ingat, menjalankan bisnis ini enggak semudah kelihatannya dan enggak bisa asal-asalan, ya!
1. Identifikasi Ketertarikan dan Kesukaan Kamu
Kenapa harus berdasarkan apa yang kamu sukai? Kalau kamu sendiri enggak tertarik sama bidang bisnis yang kamu jalani, kemungkinan besar kamu akan cepat bosan dan menyerah.
Tapi beda cerita kalau kamu tertarik sama bidang tersebut, peluang berhenti jadi lebih kecil, dan kamu bakal lebih antusias untuk terus berinovasi!
2. Tawarkan Produk dengan Unik
Menjual produk tanpa pesaing tentu lebih mudah daripada harus bersaing dengan banyak pihak, kan? Nah, itulah kenapa penting banget untuk menghasilkan ide bisnis yang unik, karena hal ini akan membuat bisnismu lebih dikenal.
Triknya? Cari kebutuhan sehari-hari yang sampai sekarang belum banyak terpenuhi. Dengan begitu, bisnismu bakal punya ciri khas dan menonjol di antara yang lain!
3. Riset Kompetitor
Walau menjual tanpa pesaing terasa lebih mudah, bukan berarti kehadiran kompetisi itu selalu buruk, kok! Justru, kamu bisa melihat ini sebagai tantangan.
Coba deh analisis dan cek apakah masih ada celah untuk bisnismu bersinar di tengah kompetisi. Tools seperti Google Trends dan Google Keyword Planner bisa jadi teman riset yang oke untuk mencari tahu pesaing potensial dan melihat peluang yang bisa kamu manfaatkan!
4. Menghasilkan Profit
Cari tahu keuntungan apa saja yang bisa kamu raih dari ide tersebut. Jika produk atau layananmu memiliki kompetitor sejenis, yuk, bandingkan dengan mereka!
Tapi kalau niche marketmu benar-benar unik dan baru ada, coba lakukan riset untuk melihat seberapa tertarik calon pelanggan. Jika ternyata belum ada minat, mungkin saatnya mencari ide baru yang lebih menarik. Namun, jika ada yang tertarik, berarti kamu sudah berada di jalur yang tepat!
5. Lakukan Uji Coba & Pelajari Strategi Pemasaran
Terakhir, mencoba produk atau layanan yang kamu tawarkan. Atau cara simpelnya membuat situs untuk menerima pemesanan produk tersebut.
Nah, jika di percobaan pertama antusias pelanggan belum sesuai harapan, jangan buru-buru patah semangat! Bukan berarti produkmu kurang bagus, mungkin saja strategi pemasarannya butuh sedikit penyegaran. Jadi, jangan berhenti di satu percobaan saja, ya!
Nah itulah bisnis yang mungkin jarang tapi sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis Niche Market. Dengan memahami kebutuhan dan cara riset pasar, Niche Market yang kamu jalankan bisa lebih tepat sasaran dan sukses.