SHARE

Hindari Kegagalan Bisnis dengan 7 Poin Analisis Peluang Usaha!

Enggak cuma analisis SWOT, ternyata ada poin lain dalam menganalisis peluang usaha pada bisnis kuliner. Memulai bisnis memang enggak bisa dianggap enteng, ada pepatah yang bilang, "Gagal merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan." 

Jadi, buat kamu yang sedang merintis bisnis kuliner, harus memperbanyak analisis peluang usaha sebelum mulai. Jangan lupa, analisis ini enggak cuma dilakukan sekali saja di awal, tapi perlu dievaluasi secara berkala supaya bisnismu tetap jalan lancar dan terus berkembang.

Berikut 7 poin penting dalam analisis peluang usaha kuliner yang harus kamu perhatikan!

Poin Penting dalam Analisis Peluang Usaha Kuliner

Poin Penting dalam Analisis Peluang Usaha Kuliner

Sumber: Freepik

Jika kamu sedang menjalankan sebuah bisnis kuliner, berikut beberapa hal analisis peluang usaha yang harus kamu perhatikan dan lakukan. Yuk, simak selengkapnya!

1. Identifikasi peluang dan persaingan

Yuk mulai dengan mengenali produk yang akan kamu jual. Langkah awal ini penting banget buat menghadapi persaingan yang ketat di dunia bisnis kuliner. Kalau produkmu unik dan berbeda dari yang lain, dijamin bakal dicari banyak orang. Sebaliknya, kalau produkmu mirip-mirip dengan yang sudah ada, konsumen mungkin lebih memilih produk sejenis dengan harga lebih murah, atau dari penjual yang sudah terpercaya.

Coba deh pastikan apa yang dibutuhkan konsumen bisa kamu tawarkan. Kadang, berpikir out of the box bisa jadi kunci buat jadi lebih kreatif dan unggul di pasar.

2. Mengenal pasar lebih jauh

Langkah selanjutnya dengan mengenal target pasar lebih dalam, karena mengenali karakteristik pasar jadi kunci penting. Kamu harus tahu siapa yang kamu jadikan target audiens dan apakah mereka tertarik dengan produk yang akan kamu tawarkan.

Seberapa besar sih ukuran pasar yang kamu incar? Untuk mengetahuinya, kamu bisa mulai dengan mengumpulkan data pasar setidaknya 3 tahun ke belakang dari berbagai industri dan pasar secara keseluruhan. Setelah melakukan analisis dari data yang ada, kamu bisa menilai apakah ukuran dan karakteristik pasar cocok dengan produk atau jasa yang ingin kamu jual.

3. Modal untuk mengembangkan usaha

Modal itu bagian paling penting dalam analisis peluang usaha. Sebelum memulai bisnis, penting banget buat merencanakan modal dengan matang supaya dana yang dibutuhkan sesuai. Kalau bisnis impianmu butuh modal besar, jangan panik dulu! Mulai deh pikirkan dari mana sumber dana bisa didapat. Kamu juga bisa membuat RAB untuk jadi panduan memperkirakan budget yang dibutuhkan.

4. Kemampuan produksi

Kalau produk yang ingin kamu jual butuh proses produksi, pastinya ada banyak alat yang harus kamu siapkan. Mulai dari peralatan produksi, perlengkapan pendukung, hingga tenaga kerja yang diperlukan. Tentu ini bukan hal yang sepele, ya. Kamu perlu mempertimbangkan biaya untuk semua kebutuhan tersebut. Ini merupakan salah satu bagian penting dalam analisis peluang usaha.

Baca Juga: Ini Syarat Bisnis Kuliner Bisa Auto Pilot!

5. Merancang Business Plan

Merancang Business Plan, salah satu analisis peluang usaha

Sumber: Freepik

Setelah menentukan bisnis apa yang ingin kamu jalankan, saatnya menyusun business plan! Ini langkah awal yang penting sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis. Business plan ini seperti peta jalan formal dan tertulis yang bakal membantumu mencapai tujuan bisnismu.

Sering kali, banyak yang gagal dalam bisnis karena kurang perencanaan. Tapi, bukan berarti kalau kamu sudah punya business plan pasti langsung sukses. Tetap butuh eksekusi dan strategi yang matang, ya. Jadi, buatlah business plan sebaik mungkin untuk membangun fondasi bisnismu agar kuat dan siap menghadapi tantangan!

6. Sumber dana

Setelah membahas soal modal, sekarang saatnya membicarakan sumber dana—salah satu hal penting dalam analisis peluang usaha. Apakah dananya berasal dari kantong pribadi, perbankan, atau investor? 

Nah, di sini kamu harus menjelaskan sumber dana sejelas mungkin supaya enggak ada kebingungan di kemudian hari. Kalau kamu berencana mencari dana dari investor atau kreditur, ada beberapa hal yang harus kamu yakinkan. Misalnya, apakah bisnismu bisa menghasilkan keuntungan (dengan melihat risiko dan potensi keuntungan) dan apakah kamu benar-benar memahami bisnismu sendiri. Pastikan juga kamu tahu siapa investor yang tepat! Jangan sampai terjebak dalam utang yang justru bikin rugi.

7. Menyelaraskan persepsi antar pemilik saham

Dalam menjalankan bisnis, biasanya akan ada beberapa orang yang terlibat. Karena itu, mencapai kesepakatan dan menyelaraskan persepsi di awal sangat penting untuk membantu para pemilik saham di kemudian hari. Tujuannya tentu agar tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa memicu konflik di masa depan. Dengan begitu, potensi masalah bisa diminimalisir.

 

Nah, itu dia beberapa hal penting tentang analisis peluang usaha yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai menganggap remeh poin-poin tersebut, ya! Dengan perencanaan yang matang, bisnismu pasti bisa bertahan lama dan menghasilkan keuntungan besar.

SHARE
Promo Kami
Inspirasi Lainnya